a. Hakikat Model Pembelajaran Konvensional
Model pembelajaran konvensional merupakan model
yang digunakan guru dalam pembelajaran sehari-hari dengan menggunakan model
yang bersifat umum, bahkan tanpa menyesuaikan model yang tepat berdasarkan
sifat dan karakteristik dari materi pembelajaran yang dipelajari. Trianto
(2007:1) mengatakan pada pembelajaran konvensional suasana kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif, siswa tidak diajarkan model
belajar yang dapt memahami bagaimana belajar, berpikir dan memotivasi diri.
Lebih lanjut, Wortham (dikutip Wardarita,
2010:54) mengemukakan bahwa pembelajaran konvensional memiliki karakteristik
tertentu, yaitu: (1) tidak kontekstual, (2) tidak menantang, (3) pasif, dan (4)
bahan pembelajarannya tidak didiskusikan dengan pembelajar. Wardarita (2010:54—55)
menyimpulkan bahwa pembelajaran konvensional, tradisional atau parsial ialah
pembelajaran yang membagi bahan ajar menjadi unit-unit
kecil dan penyajian bahan ajar antara materi yang satu terpisah dengan materi
yang lain, antara fonem, morfem, kata, dan kalimat tidak dikaitkan antara yang
satu dengan yang lain tiap materi pelajaran berdiri sendiri sebagai bidang
ilmu, termasuk pula sistem penilainnya. Dalam proses belajar mengajar guru
lebih mendominasi.
Bagi negara yang masih berkembang pembelajaran
konvensional tidak begitu menuntut sarana dan prasarana yang memadai sehingga
lebih mungkin dilaksanakan. Materi pelajaran yang disajikan dapat bersifat
klasikal sehingga tidak menuntut biaya tinggi. Pembelajar dengan sendirinya
dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh di dalam kelas dalam kehidupan
sehari-hari. Hal ini merupakan sifat alami manusia untuk menyesuaikan
lingkungan kehidupannya.
b. Ciri-ciri Khusus Model Pembelajaran Konvensional
Burrowes (2003) menyampaikan
bahwa pembelajaran konvensional menekankan pada resitasi konten, tanpa
memberikan waktu yang cukup kepada siswa untuk merefleksi materi-materi yang
dipresentasikan, menghubungkannya dengan pengetahuan sebelumnya, atau
mengaplikasikannya kepada situasi kehidupan nyata. pembelajaran konvensional
memiliki ciri-ciri, yaitu:
- pembelajaran berpusat pada guru,
- terjadi passive learning,
- interaksi di antara siswa kurang,
- tidak ada kelompok-kelompok kooperatif, dan
- penilaian bersifat sporadic. (http://tiannugros.blogspot.com/)
Menurut Brooks &
Brooks (1993), penyelenggaraan pembelajaran konvensional lebih menekankan
kepada tujuan pembelajaran berupa penambahan pengetahuan, sehingga belajar
dilihat sebagai proses “meniru” dan siswa dituntut untuk dapat mengungkapkan
kembali pengetahuan yang sudah dipelajari melalui kuis atau tes terstandar. Langkah-langkah
Model Pembelajaran Konvensional NO-FASE-PERAN GURU
- Menyampaikan tujuan-Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut,
- Menyajikan informasi-Guru menyajikan informasi kepada siswa secara tahap demi tahap dengan metode ceramah,
- Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik-Guru mengecek keberhasilan siswa dan memberikan umpan balik, dan
- Memberikan kesempatan latihan lanjutan-Guru memberikan tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah. (http://tiannugros.blogspot.com/)
c. Keunggulan dan Kelemahan Model Pembelajaran Konvensional
Kelemahan pembelajaran konvensional ialah: (1)
pembelajaran kehilangan sumber daya yang terdapat dalam dirinya untuk membuat
keterpaduan antara konsep yang bersamaan satu dengan yang lain, (2) terjadi
konsep keterampilan, sikap yang tumpang tindih dan tidak jelas antara bidang
studi dan bidang yang lain, (3) pengalihan pembelajaran terhadap situasi baru
sangat jarang terjadi Wardarita (2010:56).
Model konvensional dipandang efektif atau mempunyai keunggulan, terutama.
- Berbagi informasi yang tidak mudah ditemukan di tempat lain.
- Menyampaikan informasi dengan cepat.
- Membangkitkan minat akan informasi.
- Mengajari siswa yang cara belajar terbaiknya dengan mendengarkan.
- Mudah digunakan dalam proses belajar mengajar.
Namun demikian pendekatan pembelajaran tersebut mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut.
- Tidak semua siswa memiliki cara belajar terbaik dengan mendengarkan.
- Sering terjadi kesulitan untuk menjaga agar siswa tetap tertarik dengan apa yang dipelajari.
- Pendekatan tersebut cenderung tidak memerlukan pemikiran yang kritis.
- Pendekatan tersebut mengasumsikan bahwa cara belajar siswa itu sama dan tidak bersifat pribadi.
- Kurang menekankan pada pemberian keterampilan proses (hands-on activities).
- Pemantauan melalui onservasi dan intervensi sering tidak dilakukan oleh guru pada saat belajar kelompok sedang berlangsung.
- Para siswa tidak mengetahui apa tujuan mereka belajar pada hari itu.
- Penekanan sering hanya pada penyelesaian tugas.
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
ReplyDeleteJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
ReplyDeletebest tnks
http://www.fast-trackdiagnostics.com/human-line/our-distributors/iran/
https://theiranproject.com/blog/tag/ramin-fallah/
http://ncmbjpiau.ir/article-1-623-en.html
best
ReplyDeletehttps://www.pinterest.com.au/raminfallahco/
https://www.pinterest.se/pin/763641680547137509/
https://www.pinterest.co.uk/pin/677017756464692529/
https://www.pinterest.com.mx/pin/722757440179487563/
https://www.pinterest.cl/pin/799881583799104958/?send=true
ReplyDeletehttps://nationalpost.com/tag/ramin-fallah/
http://cryptocurrencyb2b.loxblog.com/post/279
ReplyDeletehubpages
ReplyDeletetapas
divephotoguide
bibliocrunch
viki
expo
fontlibrary
ReplyDeleteid.pr-cy
bonanza
dribbble
catchthemes
ReplyDeleteSamsung’s new robot serves drinks and collects dirty dishes
Announced at CES in Las Vegas, this robot is thinking to make our lives easier and is part of the company’s vision for a new connected home
seforum
ReplyDeleteiniaturehorsetal
imatepheasanthu
over
hrono
ommunity
fo
gravity
zenstudios
homesteadingt
ReplyDeleterkingdog
orum
amilydog
barrelhor
stock
ukclimbin
germanshe
hunting
heilataba
ReplyDeleteinprnt
hewebhostin
oas
sianseven
overcloc
utocar
intro
slides
ReplyDeleteeffecthub
samkey
onlineboxing
ata5
realtimeche
vwiin
konektia
teasegam
barname
ranorex
ReplyDeleteshelledwarrior
msuk
evelopers
bungie
expat
rctech
ozgrid
dpreview
gfomag
ReplyDeletegforumdt
tepyeui
afgoogte
oruog
ilykitftui
ummypetgoog
enretrgoogieve
xerforugoog
ReplyDeletegfosgyytd
gforumgyt
tepgaay
aftesgsy
ortagu
ilykitgaty
ummypetagt
enretrievegss
xerforuhddh
work award to Ramin Fallah
ReplyDelete